FIFA Ingin Ubah Format Piala Dunia Antarklub

259

Foorball5Star.com, Indonesia – Induk sepak bola dunia, FIFA, tengah mewacanakan perubahan format Piala Dunia Antarklub. Nantinya ajang tersebut akan terbagi dalam beberapa grup dan berlangsung dalam waktu empat tahun sekali.

La Gazzetta dello Sport melaporkan perubahan tersebut baru akan dimulai pada 2021. Tujuan FIFA untuk mengubah format tersebut adalah untuk memperluas turnamen, yang menampilkan para pemenang dari zona UEFA (Eropa), CONCACAF (Amerika Utara dan Tengah), AFC (Asia), CAF (Afrika), OFC (Oceania) dan CONMEBOL (Amerika Selatan).

Nantinya ajang tersebut akan digelar empat tahun sekali, seperti Piala Dunia dan Piala Eropa. Adapun edisi pertama akan diselenggarakan pada Juni 2021, dengan tim yang dipilih sebagai undangan, seperti Juventus, Liverpool, Barcelona, Paris Saint-Germain, Real Madrid, dan klub raksasa lainnya.

Cotroafs
zimbio.com

Akan ada 24 tim yang dibagi menjadi delapan grup dan diisi masing-masing tiga tim. Nantinya pemuncak klasemen di masing-masing grup akan melaju ke fase knock out dengan. Pada babak gugur, laga akan langsung ditentukan dengan adu penalti jika selama 90 menit pertandingan berakhir seri.

Kendati demikian, FIFA disinyalir belum menemukan tuan rumah yang bersedia menyelenggarakan turnamen tersebut. Cina kemungkinan akan menjadi pilihan alternatif untuk ajang perdana ini.

Tapi keputusan tersebut belumlah final. FIFA masih akan melakukan rapat untuk menentukan format baru itu. Dijadwalkan kesepakatan baru akan muncul Juni mendatang, sebelum Piala Dunia digelar. Namun, sejauh ini beberapa klub telah memberikan respons yang positif.