Manchester City Juara Liga Inggris, Pep Guardiola Bikin Sejarah

289

Football5Star.com, Indonesia – Manchester City dipastikan menjadi juara Premier League pada pertandingan pekan ke-34. Sang manajer, Pep Guardiola, juga membuat rekor dan sejarah tersendiri.

Manchester City juara Liga Inggris setelah sang pesaing utama, Manchester United, kalah dari West Bromwich Albion, Minggu (15/4/2018). Bermain di Stadion Old Trafford, Manchester United kalah 0-1 dari tim tamu lantaran gol Jay Rodriguez.

Kekalahan tim tamu menjadi berkah bagi pasukan Pep Guardiola. Manchester City dipastikan menjadi juara karena raihan poinnya mereka tak mungkin terkejar.

Hingga pertandingan pekan ke-34, Manchester City mengumpulkan 87 poin dari 33 laga. Pasukan Jose Mourinho mengekor dengan 71 poin tetapi tak mungkin menyamai City sekalipun memenangi seluruh laga sisa.

Manchester United vs West Bromwich Albion

Manchester City juara, Pep Guardiola bikin sejarah. Dia menjadi pelatih asal Spanyol pertama yang menjadi juara di Premier League.

Bahkan, sepanjang sejarah Liga Inggris sejak dimulai pada 1888-89, belum ada satu pun pelatih asal Spanyol yang membawa timnya menjadi juara.

Satu-satunya wakil Iberia di daftar pelatih juara adalah Jose Mourinho. Pelatih asal Portugal itu menjadi kampiun tiga kali bersama Chelsea.

“Kita tahu, cepat atau lambat, Manchester City akan juara,” kata Mourinho seusai laga melawan West Brom kepada BBC.

Spanyol menjadi negara ke-8 yang menyetorkan nama di daftar pelatih juara. Posisinya sejajar dengan Irlandia dan Cile.

Cile baru menyetorkan nama sebagai pelatih juara pada 2013-14. Ketika itu, Manuel Pellegrini mengantarkan Man City juara dengan menyisihkan Liverpool.

Distribusi gelar juara pelatih Liga Inggris berdasarkan negara:

Inggris – 58 gelar
Skotlandia – 37 gelar
Italia – 4 gelar
Prancis – 3 gelar
Portugal – 3 gelar
Irlandia, Cile, Spanyol – 1 gelar